Jumat, 12 Agustus 2011

Mobil Teririt Se-ASia punya Indonesia

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dengan mobil Sapu Angin 4 berhasil mempertahankan gelarnya sebagai perancang mobil paling irit dalam Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2001 yang digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia pada 7-9 Juli lalu.

Ini adalah prestasi kedua kalinya, setelah tahun lalu perguruan tinggi di Surabaya juga menjadi juara pada ajang yang sama. Sapu Angin 4 buatan mahasiswa ITS yang masuk dalam kategori urban concept menjadi jawara kejuaraan tersebut setelah mampu mengarungi sirkuit dengan efisiensi BBM 150 kilometer per liter yaitu dengan BBM biodiesel.

Dalam kejuaraan ini, ITS menurunkan tiga seri Sapu Angin, yaitu seri 3, 4 dan 5. Sapu Angin 3 bermesin diesel 200 cc, Sapu angin 4 bermesin diesel 100 cc sedangkan Sapu Angin 5 menggunakan mesin 90 cc.

Disebutkan dalam rilis Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) yang diterima Minggu (10/7/2011), Sapu Angin 5 seluruh sparepart-nya buatan Indonesia. Sedangkan Sapu Angin 3 menjadi satu-satunya peserta kelas urban yang menggunakan diesel dengan BBM alternatif yang sangat ramah lingkungan yaitu biodiesel.(tribunnews.com)


Tidak ada komentar: